Pages

Selasa, 14 Januari 2014

Seru Nih..!! Museum Toilet Unik Di India

Museum Toilet Unik Di India [ www.BlogApaAja.com ]

Pernah membayangkan masuk ke sebuah museumpenuh toilet? Pengalaman itulah yang ditawarkan oleh Sulabh Toilet Museum diNew Delhi, India. Di sini, wisatawan bisa melihat koleksi toilet dari berbagaitempat dan zaman

India memang punya masalah dengan kualitaslingkungan di sana, terutama air dan sanitasinya. Tapi, justru hal inilah yangmelatarbelakangi dibuatnya museum toilet pertama dan satu-satunya di dunia.Sulabh International Social Service Organization adalah sebuah LSM yang fokuspada bidang sanitasi di pedalaman India, termasuk penyediaan toilet umum.Pendiri organisasi ini, Dr Bindershwar Pathak, kemudian membuat sebuah museumdi sekitar kantor pusatnya di Mahavir Enclave, Palam Dabri Road, New Delhi.

Museum Toilet Unik Di India [ www.BlogApaAja.com ]

Inilah yang kemudian menjadi museum toilet.Museum ini punya koleksi toilet dari berbagai negara, tak hanya India. Selamaberkeliling di Sulabh Toilet Museum, Anda bisa melihat beragam toilet unik yangdulu pernah digunakan!

Ada toilet portabel dari kayu yang sangatklasik, ada yang bentuknya seperti kursi teras, ada juga yang"menyamar" jadi sofa. Toilet bergaya Austria menjadi favoritwisatawan di sini. Warna dasarnya putih gading, dipercantik dengan motif bungaaneka warna. Klasik dan cantik!

Museum Toilet Unik Di India [ www.BlogApaAja.com ]

Para turis juga bisa melihat toilet yang laindari biasanya. Toilet elektrik buatan Australia misalnya, akan langsungmembakar kotoran

Di bagian luar museum, Anda bisa melihat hasilkarya Sulabh berupa deretan toilet umum ramah lingkungan. Toilet-toilet inihanya butuh US$ 25 untuk biaya pembuatannya! Beranjak ke bagian lain, Anda bisamelihat sistem penyaringan toilet umum higienis yang diciptakan Sulabh.

Museum Toilet Unik Di India [ www.BlogApaAja.com ]

Mesin-mesin ini mengekstrak nutrisi darikotoran manusia, lalu menambahkan gas metanol untuk berbagai keperluan sepertimemasak. Air hasil penyaringannya juga bisa digunakan kembali untuk menyiramtanaman, dan sebagainya.

Selain melihat koleksi toilet dari seluruhdunia, Sulabh Toilet Museum juga mengedukasi wisatawan tentang sejarahperkembangan toilet. Mulai dari bahan, desain, dan teknologi toilet di masalampau sampai bisa modern seperti sekarang.

Museum ini buka tiap Senin-Sabtu, mulai pukul10.00-17.00 waktu setempat. Tak perlu merogoh kocek karena museum ini gratis

ess7p331119i-rloq2i-rlo8-9nc83/0w/3w038-vj-82sclyjs2-rl42lrilo9es8y

Admin 14 Jan, 2014


-
Source: http://tanpa-artikel.blogspot.com/2014/01/museum-toilet-unik-di-india.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com